Kesain Permata

Jumat, 18 Oktober 2013

Reformasi Gereja : Mulailah dari diri sendiri!

Sekitar tahun 1517, seorang pastur muda menancapkan secarik kertas di depan pintu Katedral di Wittenberg Jerman, yang berisi 95 Dalil sebagai protesnya atas kebobrokan gereja dimasa itu. Dia lah Martin Luther, yang memilih untuk berbuat sesuatu untuk suatu kesalahan yang dia lihat terjadi di gerejanya dimana "pembangkangan" terhadap Gereja bukanlah sesuatu yang kebanyakan orang berani lakukan. Kita bisa lihat sejarah bagaimana Gereja dimasa itu begitu berkuasa bahkan menghukum seseorang. Karna ketakutan yang sama juga lah akhrinya Martin Luther disembunyikan di sebuah kastil tua terpencil untuk menghindarikannya dari "polisi gereja". Dan dari sanalah Luther menikmati Kasih dan Keslamatan yang dari Allah. Ketakjubannya kepada karya keslamatan dan kekuatan Injil Allah itu lah yang membuatnya menggubah Mazmur 46 menjadi lagu "A Mighty Fortress Is Our God" (Allahmu Benteng Yang Teguh), mengubah ketakutannya menjadi kesiapan yang sangat bagi pelayanan Injil. Semasa hari-hari hening, doa dan studi Alkitab, Luther mulai menerjemahkan Alkitab ke dalam bahasa Jerman. Ia kokoh percaya bahwa “semua orang harus bisa membaca firman Allah bagi diri mereka sendiri.” Pada masa itu Alkitab standar ditulis dalam bahasa Latin, yang hanya bisa dibaca oleh para rahib.

 
Dari Jerman Reformasi itu menjalar hingga keseluruh benua bahkan hingga kita bisa menikmati ibadah di GBKP hari ini secara tidak langsung Allah telah memakai tangan yang memakukan 95 dalil di pintu Katedral itu. Reformasi tidak pernah berhenti pada status quo karna perubahan yang berhenti bukanlah perubahan. Tentu kearah yang lebih baik untuk menghadapi tantangan jaman, supaya kita jangan tergilas  oleh jaman itu sendiri..
Estafet itu ada ditangan kita. Ada banyak pekerjaan yang menunggu kita untuk kita kerjakan untuk kemuliaan Tuhan, apa yang akan kita lakukan? mengumpat dan mengkritisi sajakah? atau mulai melihat diri, dimana kita lalai tidak ambil bagian bagi pemenuhan kebaikan itu?

Mari kita bersama menikmati PA Permata Cijantung di :
Hari/ Tanggal    : Minggu, 20 Oktober 2013
Tempat              : Gereja GBKP Cijantung
Waktu                : 11.00 WIB s/d Selesai
Thema                : REFORMASI GEREJA: Mulailah dari diri sendiri!
Tuan Rumah       : Permata Sektor Galatia

Be there guys!!

Tuhan Yesus Memberkati!
Pengurus Permata Cijantung


Tidak ada komentar:

Posting Komentar